Pelaburan

Bulughul Maram – Shalat: Surah yang Dibaca dalam Shalat Witir Tiga Rakaat

surah shalat witir tiga rakaat rumaysho

rumahkabin black

Apa saja surah yang dibaca dalam shalat witir?

 

Bulughul Maram karya Ibnu Hajar Al-‘Asqalani

Kitab Shalat

بَابُ صَلاَةُ التَّطَّوُّع

Surah yang Dibaca pada Shalat Witir Tiga Rakaat

Hadits 35/384

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بـِ{{سَبِّحِاسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى *}}، وَ{{قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُونَ *}}، وَ{{قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ *}}. رَوَاهُأَحْمَدُ، وَأبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائيُّ. وَزَادَ: وَلاَ يُسَلِّمُ إلاَّ في آخِرهِنَّ.

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya shalat witir dengan membaca surah Al-A’laa, Al-Kaafiruun, dan Al-Ikhlas.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan An-Nasa’i. An-Nasai’ menambahkan, “Beliau tidak salam kecuali pada rakaat terakhir.”) [HR. Ahmad, 35:78; Abu Daud, no. 1423; An-Nasai, 3:235. Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan dalam Minhah Al-‘Allam, 3:329 menyatakan bahwa sanad hadits ini sahih].

 

Hadits 36/385

وَلأبِي دَاوُدَ، والتِّرْمِذِيِّ نَحْوُهُ عَنْ عَائِشَةَ وَفيهِ: كُلُّ سُورَةٍ فِي ركْعَةٍ، وَفِي الأخيرَةِ: {{قُلْ هُوَاللَّهُ أَحَدٌ *}}، وَالمُعَوِّذَتَيْنِ.

Hadits yang serupa dalam riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha disebutkan di dalamnya, “Masing-masing surah untuk satu rakaat dan dalam rakaat terakhir dibaca surah Al-Ikhlas dan mu’awwidzatain (surah Al-Falaq dan An-Naas).” [HR. Abu Daud, no. 1424; Tirmidzi, no. 463; Al-Hakim, 2:520-521; Ibnu Majah, 1:357. Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan dalam Minhah Al-‘Allam, 3:330-331 menyatakan bahwa hadits ini memiliki syawahid atau penguat, tetapi tidak menyebutkan mu’awwidzatain yaitu surah Al-Falaq dan An-Naas bersama dengan surah Al-Ikhlas].

See also  Under Armour Tampilkan Koleksi 'Project Rock' Terbaru, Tawarkan Keselesaan Maksimum

 

Faedah hadits

  1. Disyariatkan membaca setelah surah Al-Fatihah pada shalat witir yang tiga rakaat, surah Al-A’laa pada rakaat pertama, surah Al-Kaafiruun pada rakaat kedua, dan surah Al-Ikhlas pada rakaat ketiga.
  2. Boleh juga menambahkan surah Al-Falaq dan An-Naas pada rakaat ketiga setelah surah Al-Ikhlas. Jadi, yang dibaca setelah surah Al-Fatihah adalah tiga surah sekaligus.
  3. Boleh membaca lebih dari satu surah setelah surah Al-Fatihah dalam satu rakaat.
  4. Shalat witir itu tiga rakaat, salamnya adalah di rakaat terakhir. Namun, yang lebih afdal adalah mengerjakan dua rakaat salam, lalu satu rakaat salam.

 

Referensi:

  • Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 3:328-331.
  • Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 1:632-635.

 

Baca juga: 

 

Referensi:

  • Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 3:325-327.
  • Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 1:630-631.

 

 

Diselesaikan pada Senin sore, 22 Rajab 1444 H, 13 Februari 2023

@ Darush Sholihin Panggang Gunungkidul

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v3.2”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

rumahkabin black
Desain Rumah Kabin
Rumah Kabin Kontena
Harga Rumah Kabin

See also  Iqbal dakwa bekas adik ipar bertunang dalam 'iddah, ada lelaki lain sebelum bercerai
Kos Rumah Kontena
Rumah Kabin 2 Tingkat
Rumah Kabin Panas
Rumah Kabin Murah
Sewa Rumah Kabin
Heavy Duty Cabin
Light Duty Cabin


Source link