Hartanah

Doa Ketika Menurunkan Jenazah di Kubur

Mayat

rumahkabin black

Saat tiba mengantarkan jenazah di peristirahatan terakhir, yaitu kubur. Dalam Islam diajarkan doa khusus ketika menurunkan jenazah di kuburan. Lantas, bagaimanakah bunyi doa ketika menurunkan jenazah di kubur itu?

Doa Menurunkan Jenazah di Kubur

Adapun doa yang bisa kita baca ketika menurunkan jenazah di kuburan yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ

Bismillāh wa ‘alā sunnati rasūlillāh.

Artinya: “Dengan nama Allah dan atas sunnah rasul-Nya.”

Doa itu dikutip oleh Iman An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar dari hadis riwayat sahabat Ibnu Umar RA di bawah ini:

روينا في سنن أبي داود، والترمذي، والبيهقي، وغيرها، عن ابن عمر رضي الله عنهما، أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا وضع الميت في القبر قال بِسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ

Artinya: Diriwayatkan kepada kami di Sunan Abu Dawud, At-Tirmidzi, Al-Baihaqi, dan selain mereka, dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bila meletakkan jenazah di kubur berdoa, ‘Bismillāh wa ‘alā sunnati rasūlillāh,’”

Penutup Doa

Tentu sebagai seorang Muslim, menjadi kewajiban kita untuk mengurus jenazah saudara kita hingga sampai pada peristirahatan terakhirnya, yakni kubur. Semoga apa yang kita lakukan senantiasa menjadikan pribadi yang lebih baik.

Sebagai penutup, kita renungkan firman Allah Swt ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Rad:11)

See also  Uqasha Senrose dah lali ditanya soal zuriat, minta doa baik-baik

Demikian doa ketika menurunkan jenazah di kubur. Doa-doa lain seperti doa mengkafani jenazah dan doa lainnya bisa kalian akses setiap hari di situs IBTimes.ID. Yuk amalkan.

Editor: Soleh

rumahkabin black
Desain Rumah Kabin
Rumah Kabin Kontena
Harga Rumah Kabin
Kos Rumah Kontena
Rumah Kabin 2 Tingkat
Rumah Kabin Panas
Rumah Kabin Murah
Sewa Rumah Kabin
Heavy Duty Cabin
Light Duty Cabin


Source link